Jarimatika Penjumlahan dan Pengurangan

Jarimatika adalah merupakan suatu metode perhitungan matematika menggunakan jari-jari tangan. Metode perhitungan ini selain mudah dan murah juga sangat menyenangkan untuk diajarkan kepada anak-anak, karena ini dapat diajarkan dengan cara belajar sambil bermain.

Pengenalan matematika kepada anak-anak dengan cara bermain akan membuat pemahaman kepada mereka bahwa matematika itu sangat menyenangkan dan bukan sesuatu matapelajaran yang harus “ditakuti”. Sekolah-sekolah bisa menjadikan ini sebagai jam tambahan bagi para siswa untuk belajar seperti ekstrakulikuler atau bimbingan belajar.

Baiklah, untuk tahap awal yaitu perkenalkan angka-angka menggunakan jari-jari tangan.

  • Jari Tangan Kanan sebagai SATUAN.
  • Jari Tangan Kiri sebagai PULUHAN.

Contoh :

Ok, sekarang kita masuk ke materi yaah.

1. Penjumlahan

3 + 4 = 7

cara : Buka jari kanan 3 kemudian buka lagi 4, karena sudah tidak cukup maka untuk memperoleh angka 4 buka jari jempol yang memiliki angka 5. Karena jempol memiliki angka 5 maka tutup/kurang satu jari untuk mendapatkan 4.

9 + 3 = 12

cara : Buka jari kanan 9 kemudian buka lagi 3, karena jari kiri sudah tidak cukup maka untuk memperoleh angka 3 buka jari kiri satu yang memiliki angka 10. Karena satu jari kiri memiliki angka 10 maka tutup/kurang tujuh jari kanan untuk mendapatkan 3.

8 + 7 = 15

cara : Buka jari kanan 8 kemudian buka lagi 7, karena jari kiri sudah tidak cukup maka untuk memperoleh angka 7 buka jari kiri satu yang memiliki angka 10. Karena satu jari kiri memiliki angka 10 maka tutup/kurang tiga jari kanan untuk mendapatkan 7.

27 + 9 = 36

cara : Buka jari kiri 2 kemudian buka jari kanan 7 lalu tambah 9, karena jari kiri sudah tidak cukup maka untuk memperoleh angka 9 buka lagi satu jari kiri yang memiliki angka 10. Karena satu jari kiri memiliki angka 10 maka tutup/kurang satu jari kanan untuk mendapatkan 9.

2. Pengurangan

7 – 3 = 4

cara : Buka jari kanan 7 kemudian tutup/kurang 3 dengan cara tutup jempol, karena jempol memiliki angka 5 maka untuk memperoleh 3, tutup jempol lalu buka dua jari kanannya.

24 – 8 = 16

cara : Buka jari kanan 2 dan jari kiri 4 kemudian tutup/kurang 8 dengan cara tutup empat jari kanan, karena masih kurang empat maka tutup lagi satu jari kiri, karena satu jari kiri memiliki angka 10 maka dikurangi empat dan sisa enam, sehingga buka jari kanan 6.

3. Penjumlahan dan Pengurangan

1 + 5 + 2 – 5 = 3

21 + 13 – 2 = 32

21 + 55 = 76

Sekian aja dulu, silahkan ajarkan kepada adik-adik kita dengan cara belajar yang menyenangkan dan itu tinggal cara anda yang mengajarkan.

 INGAT !!

Ilmu yang berguna & bermanfaat adalah ilmu yang dapat membuat orang dari yang tidak tahu menjadi tahu sehingga ilmu itu berkembang luas dan tidak terbatas hanya pada diri kita sendiri, mari berbagi”. (joniqonex)

About these ads

Silahkan Tinggalkan Sesuatu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: